Akhirya Barcelona Menantang MU Di LC

Final tercipta pada laga penutupan Liga Champions musim ini. Barcelona akan menantang Manchester United. Bertanding di Stamford Bridge, Barca berhasil ke babak final setelah menahan imbang Chelsea 1-1.

Dalam pertandingan kali ini, Barca tidak bisa tampil dengan kekuatan penuh. Pasalnya, Rafael Marquez dan Thierry Henry absen karena cedera, sedangkan Carles Puyol tidak bisa bermain akibat akumulasi kartu kuning.

Praktis, pelatih La Blaugrana Pep Guardiola terpaksa memainkan pemain cadangan Yaya Toure, Gerarrd Pique dan Sergio Busquets untuk menggantikan tiga pemain inti itu dengan mendorong Andres Iniesta di posisi yang ditinggalkan Henry.


Sementara itu, Chelsea tidak mengalami perubahan berarti dalam skuad mereka. Pelatih Guus Hiddink tetap mengandalkan Didier Drogba dan Nicolas Anelka di lini depan. Hiddink juga sudah bisa memainkan Ashley Cole di bek kiri.

Chelsea langsung menekan pertahanan Barcelona sejak menit awal. Taktik itu tidak sia-sia, karena The Blues berhasil mengejutkan kubu tamu dengan mencetak sebuah gol cepat melalui Michael Essien saat pertandingan memasuki menit kesembilan.

Berawal dari tendangan Frank Lampard yang mengenai bek Barca, Essien langsung menyambut bola liar dengan sebuah tendangan voli dari jarak 25 yard ke gawang Victor Valdes. 1-0 Chelsea memimpin.

Barca berusaha keras mengejar ketertinggalan. Namun, Chelsea tanpa henti menekan pertahanan La Blaugrana. Sayang, skor 1-0 untuk keunggulan The Blues tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Dominasi Chelsea terus berlangsung di babak kedua. Dua peluang tercipta melalui Didier Drogba pada menit ke-53 dan 57. Tapi, penyerang asal Pantai Gading itu gagal menembus jala Valdes.

Usaha Barca untuk menyamakan kedudukan semakin berat. Pasalnya, La Blaugrana harus bermain dengan 10 orang setelah Eric Abidal dikeluarkan wasit, karena telah melanggar Anelka pada menit ke-68.

Unggul jumlah pemain membuat Chelsea terus menekan pertahanan Barca. Peluang tercipta melalui Lampard. Sayang, tendangan gelandang Timnas Inggris itu masih mampu diblok Valdes.

Sayang, kemenangan Chelsea di depan mata sirna. Adalah Iniesta yang menjadi penyelamat. Dia mencetak gol di menit-menit akhir ke gawang Cech untuk membawa Barca ke final. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Hasil ini, maka Barca akan menantang United pada babak final yang akan berlangsung di Roma, setelah sebelumnya bermain tanpa gol melawan Chelsea di Camp Nou. Setan Merah sendiri berhasil lolos setelah menumbangkan Arsenal 4-1 secara agregat.

Susunan pemain
Chelsea: Cech; Bosingwa, Alex, Terry, Cole; Essien, Ballack, Lampard, Malouda; Anelka, Drogba (Belletti 72).

Barcelona: Valdes; Alves, Pique, Toure, Abidal; Busquets (Bojan 85), Keita, Xavi, Iniesta (Sylvinho 90); Eto'o (Gudjohnsen 90), Messi.

Artikel Menarik Lainnya



4 comments:

AC Milan said...

Akhirnya prediksi gue bener..Barcelona ketemu MU di final LC, barcelona memang mantaff

Arie Tampan said...

aduh..jago kalah..kasihan deh Chealsea

Yoga said...

Chealsea kalah segalanya

BF said...

Barcelona menang dramatis..tapi dilihat dari penguasaan bola..barcelona lbh unggul