MU Segel Tiket Ke Final

Manchester United memastikan diri melangkah ke final Liga Champions 2009/09 usai menundukkan Arsenal di leg kedua fase empat besar.

Manchester United melaju ke final Liga Champions 2008/09. Alasannya, 'Setan Merah' mampu mengungguli Arsenal secara agregat.

Di leg kedua semi-final Liga Champions, Rabu (5/5) dinihari WIB, di Emirates Stadium, MU memetik kemenangan 3-1.

Dengan demikian, MU mengukir keunggulan 4-1 atas Arsenal setelah di pertemuan pertama juga menang, walau hanya dengan skor tipis 1-0.

Sukses ini membuat MU memiliki kesempatan mempertahankan gelar yang didapatnya musim lalu. Untuk bisa melakukannya, MU hanya harus menaklukkan pemenang duel Chelsea dan Barcelona yang akan berlangsung besok di Emirates Stadium, London.

Yang jadi pertanyaan saat ini, siapa lawan MU di Roma pada 27 Mei nanti?


Jalannya Pertandingan

Arsenal langsung menekan sejak dimulainya pertandingan, tapi MU yang bisa mencetak gol lebih dulu.

Berawal dari pergerakan Cristiano Ronaldo dari sisi kanan pertahanan Arsenal, winger Portugal itu mengirim bola ke tengah kotak penalti. Karena terpeleset, Kieran Gibbs tak mampu menyapu bola yang membuat si kulit bundar jatuh ke kaki Park-Ji Sung. Pemain Korea Selatan itu tak kesulitan mengubah skor agregat menjadi 2-0.

Tiga menit berselang, keunggulan MU bertambah. Ronaldo menjadi pencetak gol bagi tim tamu lewat tendangan bebas nan keras yang langsung menghujam deras ke gawang Manuel Almunia.

Wayne Rooney nyaris mencetak gol di menit 18. Tapi tendangan melengkungnya masih bisa ditip kiper Arsenal asal Spanyol itu.

Arsenal bukannya tanpa usaha membalas. Tapi rapatnya dinding pertahanan MU membuat usaha pasukan Arsene Wenger, hingga turun minum, sia-sia.

Di babak kedua, MU masih tampil dominan. Ronaldo juga nyaris kembali memperbesar keunggulan dengan tendangan keras kaki kiri di menit 51 yang masih bisa ditepis Almunia.

Baru sepuluh menit kemudian usaha Ronaldo membuahkan hasil. Lewat serangan balik cepat yang dibangun Ji Sung, pemain Korsel itu mengirim bola ke Rooney yang merangsek masuk ke lini pertahanan Arsenal. Bukannya langsung menendang, bomber gempal MU itu malah memberikan bola kepada Ronaldo untuk disontek masuk ke gawang Almunia. 3-0 untuk MU.

Robin Van Persie hampir membuat gol penghibur untuk pendukung Arsenal yang sudah mulai meninggalkan tempat duduk mereka di menit 63, namun bola hasil sepakannya masih bisa dimentahkan Edwin Van Der Sar. Upaya Nicklas Bendtner di menit 72 juga masih menyamping dari jala gawang Van Der Sar.

Di menit 74, Darren Fletcher membuat kesalahan fatal. Dia menekel Cesc Fabregas di kotak penalti MU yang berbuah hadiah tendangan 12 pas untuk Arsenal. Yang merugikan adalah gelandang MU itu langsung mendapat kartu merah oleh wasit Roberto Rosetti, yang artinya dia akan absen di partai final. Adapun hadiah penalti Arsenal dieksekusi dengan sempurna oleh Van Persie yang mengubah kedudukan menjadi 3-1, masih keunggulan dimiliki MU.

Di menit 85, Arsenal nyaris memperkecil ketinggalan mereka. Sayang Fabregas telat menyontek bola yang hanya satu meter berada di depan gawang MU yang kemudian bisa diamankan Van Der Sar.

Di sisa waktu pertandingan, usaha tim tak membuahkan hasil lagi, meski sejumlah peluang tercipta. Skor 3-1 untuk kemenangan MU pun bertahan.

Susunan Pemain
Arsenal: 1-Manuel Almunia; 3-Bacary Sagna, 5-Kolo Toure, 20-Johan Djourou, 40-Kieran Gibbs (27-Emmanuel Eboue 46); 14-Theo Walcott (26-Nicklas Bendtner 63), 4-Cesc Fabregas, 17-Alex Song, 8-Samir Nasri; 11-Robin van Persie (12-Carlos Vela 79); 25-Emmanuel Adebayor.

Manchester United: 1-Edwin van der Sar; 22-John O’Shea, 5-Rio Ferdinand, 15-Nemanja Vidic, 3-Patrice Evra (21-Rafael 65); 7-Cristiano Ronaldo, 24-Darren Fletcher, 16-Michael Carrick, 8-Anderson (11-Ryan Giggs 63), 13-Park Ji-sung; 10-Wayne Rooney (9-Dimitar Berbatov 66).

Artikel Menarik Lainnya



3 comments:

Kaka said...

Mantep MU..memang beda kelas jauh sekali dng arsenal..

AC Milan said...

Memang seharusnya final milik MU, dengan pemain2 diatas rata2..harus menang dengan aresanl...sudah di prediksi menang,,

Enno Cinta said...

Ronaldo memng keren..layak di jadikan pemain terbaik dunia lagi nich...